Nudira Sumber Daya Indonesia

Ancaman Resesi 2023, Bisnis Ekspor Bisa Jadi Penyelemat

Apa itu Resesi? Seperti yang dilansir oleh Otoritas Jasa Keuangan, resesi ekonomi merupakan suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara mengalami penurunan berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB), jumlah pengangguran, maupun pertumbuhan ekonomi yang bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun memastikan bahwa ekonomi global akan terjerumus ke dalam jurang resesi di tahun 2023. Ia juga mengatakan penyebab resesi yang dipicu oleh kebijakan sejumlah bank sentral dunia yang dengan agresif menaikkan suku bunga akibat adanya lonjakan inflasi. Hal tersebut tentu dapat menekan pertumbuhan ekonomi.

Setelah munculnya kabar bahwa di tahun 2023 akan terjadi resesi ekonomi, banyak masyarakat yang cukup khawatir dengan kondisi tersebut. Sehingga membuat masyarakat mulai mencari cara bagaimana untuk dapat melewati masa resesi tersebut.

Sebagian orang juga bertanya-tanya apakah bisnis ekspor merupakan langkah yang tepat untuk menghadapi resesi? Mengingat resesi ini tidak hanya akan terjadi di Indonesia namun terjadi secara global.

Pada 23 Oktober 2022 lalu, Pak Nursyamsu Mahyuddin angkat bicara langsung di acara Talkshow yang diadakan di Trade Expo Indonesia 2022 di Indonesia Convention Exhibition, BSD. Beliau mengatakan orang-orang yang bisa survive di berbagai krisis adalah orang yang memiliki pasar ekspor.

“Contohnya di tahun 1998 ketika terjadi krisis di berbagai negara salah satunya Indonesia, banyak perusahaan besar bergelimpangan tetapi perusahaan yang berada di daerah-daerah tersenyum dan tertawa gembira karena mereka pasarnya ekspor. Mengapa? Karena variasi pasar nya menjadi banyak, tidak hanya di dalam Indonesia namun di berbagai negara bahkan kita bisa mencari pasar ke negara yang sedang tidak mengalami krisis.” ucap Pak Nur.

Maka dari itu Pak Nur mengatakan bahwa kita harus memiliki kompetensi ataupun pengetahuan mengenai ekspor. Salah satunya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan ekspor.

Zaman pun sudah semakin canggih, mencari pembeli untuk bisnis ekspor bukanlah lagi hal yang sulit. Dengan kemajuan internet, calon pembeli bisa kita dapatkan dengan lebih mudah.

Di Pelatihan Bisnis Ekspor yang diadakan oleh Nudira Learning Centre, para peserta akan diajarkan bagaimana cara menyiapkan produk, mencari pasar ekspor, mencari buyer, membuat dokumen ekspor, sampai metode pembayarannya. Pengajarnya pun merupakan praktisi ekspor dan juga fasilitator bersertifikat kompetensi ekspor dari BNSP.

“Justru seorang pengusaha yang bisa survive jika ada masalah adalah pengusaha yang sebenarnya!” ucap Pak Nur menambahkan.

Sudah siap menghadapi tahun 2023 dengan berbisnis ekspor?

Oleh: Luthfiyatul Azizah
Selasa, 17 November 2022